Sabtu, 18 Februari 2012

Resume Asal-Usul Manusia


ASAL USUL MANUSIA

Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna. Karena manusia memiliki berbagai kemampuan yang tidak dimiliki oleh makhluk Allah lainnya. Manusia  juga merupakan makhluk Allah yang unik, karena hanya manusia yang di anugerahi akal oleh Allah SWT. Sehingga manusia dapat berfikir dan memahami ilmu yang diberikan Allah SWT.  Oleh karena itu, manusia wajib bersyukur atas karunia yang telah diberikan Allah SWT padanya.
Manusia diciptakan oleh Allah SWT dari segumpal darah. Hal ini dijelaskan dalam QS. Al-Alaq: 1-2 yang bunyinya
       اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
عَلَقٍ مِنْ الْإِنسَانَ خَلَقَ
Artinya:"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah." (QS Al-Alaq: 1-2).

Dalam firmanNya yang lain juga yaitu surat Al-Mu’minun: 13-14 dijelaskan bahwa dalam proses penciptaan manusia, dari awal penciptaannya sampai terbentuknya jasad secara sempurna  terdapat 7 tingkatan. Adapun bunyi firmannya yaitu sebagai berikut:
مَّكِينٍۢ قَرَارٍۢ فِى نُطْفَةًۭ جَعَلْنَٰهُ ثُمَّ
عِظَٰمًۭا ٱلْمُضْغَةَ فَخَلَقْنَا مُضْغَةًۭ ٱلْعَلَقَةَ فَخَلَقْنَا عَلَقَةًۭ ٱلنُّطْفَةَ خَلَقْنَا ثُمَّ ٱلْخَٰلِقِينَأَحْسَنُٱللَّهُ فَتَبَارَكَ ۚ ءَاخَرَ خَلْقًا نَٰهُ أَنشَأْ ثُمَّ لَحْمًۭا ٱلْعِظَٰمَ نَا فَكَسَوْ
Artinya:  “Dan sesungguhnya telah Kami jadikan manusia dari intisari tanah liat. Kemudian Kami letakkan dia sebagai air mani di dalam tempat penyimpanan yang terpelihara. Kemudian Kami bentuk air mani itu jadi segumpal darah, maka Kami bentuk segumpal darah itu jadi segumpal daging (tanpa bentuk), maka Kami bentuk segumpal daging tak berbentuk itu tulang-tulang, kemudian Kami saluti tulang-tulang itu dengan daging, kemudian-Kami tumbuhka dia menjadi makhluk lain. Maka Maha Berkatlah Allah, sebaik-baiknya Pencipta” (Al-Mu’ minun: 13-14).
Dalam penciptaannya manusia dibekali beberapa unsur sebagai kelengkapan dalam menunjang tugasnya. Adapun unsur-unsur tersebut ialah:
1.    Jasad
Jasad merupakan lembaga ruh, tempat dimana ruh itu tinggal. Jasad lebih dikenal juga dengan sebutan tubuh. Ruh tidak dapat hidup tanpa adanya jasad, karena antara jasad dan ruh saling berkaitan satu sama lainnya.

2.    Ruh
Ruh berasal dari alam arwah  dan  memerintah  dan  menggunakan jasad  sebagai  alatnya Ruh  di dalam  diri  manusia  berfungsi sebagai sumber moral yang baik dan mulia.

3.    Nafs
Nafs, yang berarti juga jiwa. Dengan jiwa manusia dapat mengenal Tuhannya dan sifat-sifatNya bukan dengan organ tubuh lainnya. Dengan jiwa itu jualah, manusia dapat mendekatkan diri dengan Tuhan.

4.    Aqal
Akal berarti daya fikir. Akal  juga yang membuat manusi menjadi makhluk yang sempurna dibandingkan makhluk lainnya. Karena akal membuat manusia menjadi bisa berfikir dan memiliki pengetahuan.

5.    Qolb
Qolb, atau yang lebih dikenal juga dengan hati. Qolb tidak dapat dilihat, karena bentuk qolb adalah abstak, jadi hanya bisa untuk dirasakan. Qolb merupakan tempat bertarungnya antara kebaikan dan kejahatan. Sebagaimana organ tubuh lainnya, qolb juga bisa sakit bahkan mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar