Sabtu, 18 Februari 2012

Observasi di Sekolah


OBSERVASI DI SDN 1 SUSUKANAGUNG

LAPORAN
Dibuat untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah PKn
Dosen Pembimbing: Drs. Yuyun Nasrudin, M.Pd



 













DISUSUN OLEH:
RISKA NUR’AKHIDAH SARI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA CIREBON
JALAN RAYA KAMPUS II BIMA CIREBON TELP. (0231) 239333






LAPORAN, DESKRIPSI,
DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

            Dalam laporan ini diuraikan hasil penelitian, deskripsi, dan pembahsan hasil penelitian. Uraian dalam laporan hasil penelitian dilaporkan berdasarkan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara di lapangan, yang kemudian dibahas sebagai dasar untuk merumuskan kesimpulan dan rekomendasi penelitian.
A.      Laporan  Hasil Penelitian
1.    Sosiografi Umum SD Negeri 1 Susukanagung
Gagasan pendirian sekolah ini berawal dari tahun 1952. SD Negeri Susukanagung sebagai lokasi penelitian merupakan salah satu sekolah yang predikatnya terakreditasi “A” (amat baik) dengan SK nomor NSS/ NIS/ NSM: 1010/ 2170/ 5012, yang secara administratif berada di wilayah Jl. HM. Hasan Yoesoef  no. 11 Kecamatan Susukanagung Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat

2.    Visi Misi
SD Negeri 1 Susukanagung merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai lembaga dasar yang menyiapkan peserta didik agar memiliki kemandirian, kemampuan untuk berkreasi dan juga wawasan yang luas
Oleh karena itu, cita-cita di atas dituangkan dalam visi dan misi yang terdapat di sekolah ini Adapun visi dan misi dari SD Negeri Susukanagung adalah sebagai berikut:
a.    Visi
Membentuk manusia yang beriman dan takwa kepada Tuhan YME berbudi luhur, serta terampil, berpengetahuan sebagai dasar untuk terwujudnya SDM yang berpotensi



b.    Misi
Siap melaksanakan KBM sebagai implementasi konsep pendidikan berbasis kompetensi (KBK) siap melaksanakan konsep managemen berbasis sekolah (MBS)

B.       Keadaan dan Administrasi Sekolah
1.    Keadaan Sekolah
SD Negeri 1 Susukanagung memiliki siswa berjumlah 142 orang, yang mencakup dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.
SD Negeri 1 Susukanagung terletak di Jl. HM. Hasan yoesoef no.11 tepatnya di depan Kecamatan susukanlebak sebelah kanan puskesmas Susukanagung dan sebelah kiri balai desa Susukanagung.
Lokasi sekolah strategis, sebab lokasi ini dapat dijangkau oleh berbagai angkutan umum. Selain itu, lokasi ini juga cocok untuk belajar karena tempatnya yang berada dipinggiran kota memungkinkan siswa belajar dengan tenang, dan kondisi ini juga kondusif karena berada dilingkungan pendidikan, disamping kanannya terdapat SD Negeri 2 Susukanagung dan SMP Negeri 1 Susukanagung.

2.      Administrasi Sekolah
Suatu lembaga dalam hal ini lembaga pendidikan seperti sekolah harus mempunyai sistem organisasi dan penataan administrasi yang baik, agar lembaga tersebut dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan digariskan. Begitu pula dengan SD Negeri 1 Susukanagung sebagai lembaga kependidikan, maka SDN ini mempunyai tatanan dan organisasi yang baik.
Adapun susunan organisasi SD Negeri 1 Susukanagung dapat digambarkan sebagai berikut:



a.    Kepala sekolah
Kepala sekolah dijabat oleh Oman Abdurakhman yang menggantikan Emong Suarman Al-Naser. Kepala di SD Negeri 1 Susukanagung ini merupakan puncak pimpinan yang bertanggung jawab adalah kelancaran Administrasi sekolah serta kebijakan kerja berdasarkan musyawarah dan mufakat bersama. Adapun tugas kepala sekolah adalah sebagai berikut:
1)   Menyusun program kerja sekolah
2)   Menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah
3)   Mengevaluasi program tahunan, program semester, dan satuan pengajaran secara berkesinambungan
4)   Melaksanakan rapat/ diskusi mengenai permasalahan sekolah
5)   Mengetahui administrasi ketatausahaan
6)   Mengatur pembagian tugas guru
7)   Mengevaluasi pelaksanaan UAS/ UAN
8)   Menetapkan kelulusan dalam UAS/ UAN dan kenaikan kelas

b.    Tenaga Pengajar
Tenaga pengajar yang bertugas di SD Negeri 1 Susukanagung berdasarkan statusnya dikelompokan menjadi tiga, yaitu:
1)      Tenaga pengajar yang berstatus guru tetap dan pegawai negeri berjumlah 4 orang yang terdiri dari 3 lulusan S1 dan 1 lulusan D2
2)      Tenaga pengajar yang berstatus sebagai guru tidak tetap atau honorer berjumlah 2 orang yang keduanya merupakan lulusan S1
3)      Karyawan tetap berjumlah 1 orang yang merupakan lulusan SMA

c.    Wali Kelas dan Guru-Guru Bidang Studi
Guru yang diberi tugas sebagai wali kelas, harus membimbing siswa dalam mewujudkan disiplin serta membangkitkan gairah belajar guna meningkatkan prestasi siswa. Adapun tugas dan kewajiban guru wali kelas di SD Negeri 1 Susukanagung adalah sebagai berikut:
1)   Umum
a)    Mengenal keadaan kelasnya, mengetahui jumlah serta jumlah semua siswa di kelas yang menjadi tanggung jawabnya
b)   Memberikan stimulasi kepada siswa untuk belajar sungguh-sungguh baik didalam maupun diluar kelas
c)    Memantapkan siswa kelasnya dalam hal melaksanakan tata tertib, tata karma dan kebijakan-kebijakan sekolah
d)   Membingbing siswa dalam hal penyelenggaraan segala kegiatan, misalnya peran serta dalam PORKLAS, memilih KM, dsb.

2)   Khusus
a)    Hadir setiap hari pada pembinaan siswa dikelas binaannya masing-masing
b)   Memantau kegiatan kelas pada setiap hari
c)    Bertanggung jawab terhadap kondisi keamanan dan ketertiban kelas binaannya

Adapun tugas dari guru bidang studi adalah memberikan pengarahan dan pengajar bagi para siswa selain itu juga bertugas untuk membuat soal ujian.

C.       Strategi Sekolah
1.    Meningkatkan kelulusan minimal 90%
2.      Meningkatkan etos kerja pegawai sebagai rasa tanggung jawab terhadap Tuhan dan negeri
3.      Meningkatkan kebersihan dan keindahan serta kesehatan sekolah





KESIMPULAN

SD Negeri 1 Susukanagung yang berdiri tahun 1952 berada di wilayah Jl. HM. Hasan Yoesoef  no. 11 Kecamatan Susukanagung Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.
SD Negeri 1 Susukanagung  merupakan salah satu sekolah yang predikatnya terakreditasi “A” (amat baik) dengan SK nomor NSS/ NIS/ NSM: 1010/ 2170/ 5012, dengan jumlah siswa saat ini 142 siswa yang terdiri dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.
Dengan Visi “Membentuk manusia yang beriman dan takwa kepada Tuhan YME berbudi luhur, serta terampil, berpengetahuan sebagai dasar untuk terwujudnya SDM yang berpotensi” dan misi “siap melaksanakan KBM sebagai implementasi konsep pendidikan berbasis kompetensi (KBK) siap melaksanakan konsep managemen berbasis sekolah (MBS)” diharpakan cita-cita untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki kemandirian, kemampuan untuk berkreasi dan juga wawasan yang luas dapat terwujudkan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar