OBSERVASI
DI SDN 1 SUSUKANAGUNG
LAPORAN
Dibuat
untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah PKn
Dosen
Pembimbing: Drs. Yuyun Nasrudin, M.Pd
DISUSUN
OLEH:
RISKA
NUR’AKHIDAH SARI
FAKULTAS
KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM
STUDI BIMBINGAN
KONSELING
UNIVERSITAS
NAHDLATUL ULAMA CIREBON
JALAN RAYA KAMPUS II BIMA CIREBON
TELP. (0231) 239333
LAPORAN,
DESKRIPSI,
DAN
PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
Dalam laporan
ini diuraikan hasil penelitian, deskripsi, dan pembahsan hasil penelitian.
Uraian dalam laporan hasil penelitian dilaporkan berdasarkan hasil observasi,
dokumentasi dan wawancara di lapangan, yang kemudian dibahas sebagai dasar
untuk merumuskan kesimpulan dan rekomendasi penelitian.
A.
Laporan Hasil Penelitian
1. Sosiografi
Umum SD Negeri 1 Susukanagung
Gagasan
pendirian sekolah ini berawal dari tahun 1952. SD Negeri Susukanagung sebagai
lokasi penelitian merupakan salah satu sekolah yang predikatnya terakreditasi
“A” (amat baik) dengan SK nomor NSS/ NIS/ NSM: 1010/ 2170/ 5012, yang secara
administratif berada di wilayah Jl. HM. Hasan Yoesoef no. 11 Kecamatan Susukanagung Kabupaten
Cirebon Provinsi Jawa Barat
2. Visi
Misi
SD
Negeri 1 Susukanagung merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai
lembaga dasar yang menyiapkan peserta didik agar memiliki kemandirian,
kemampuan untuk berkreasi dan juga wawasan yang luas
Oleh karena itu, cita-cita di atas
dituangkan dalam visi dan misi yang terdapat di sekolah ini Adapun visi dan
misi dari SD Negeri Susukanagung adalah sebagai berikut:
a. Visi
Membentuk manusia yang beriman dan
takwa kepada Tuhan YME berbudi luhur, serta terampil, berpengetahuan sebagai
dasar untuk terwujudnya SDM yang berpotensi
b. Misi
Siap melaksanakan KBM sebagai
implementasi konsep pendidikan berbasis kompetensi (KBK) siap melaksanakan
konsep managemen berbasis sekolah (MBS)
B.
Keadaan
dan Administrasi Sekolah
1. Keadaan
Sekolah
SD
Negeri 1 Susukanagung memiliki siswa berjumlah 142 orang, yang mencakup dari
kelas 1 sampai dengan kelas 6.
SD
Negeri 1 Susukanagung terletak di Jl. HM. Hasan yoesoef no.11 tepatnya di depan
Kecamatan susukanlebak sebelah kanan puskesmas Susukanagung dan sebelah kiri
balai desa Susukanagung.
Lokasi sekolah strategis, sebab
lokasi ini dapat dijangkau oleh berbagai angkutan umum. Selain itu, lokasi ini
juga cocok untuk belajar karena tempatnya yang berada dipinggiran kota
memungkinkan siswa belajar dengan tenang, dan kondisi ini juga kondusif karena
berada dilingkungan pendidikan, disamping kanannya terdapat SD Negeri 2
Susukanagung dan SMP Negeri 1 Susukanagung.
2. Administrasi
Sekolah
Suatu lembaga
dalam hal ini lembaga pendidikan seperti sekolah harus mempunyai sistem
organisasi dan penataan administrasi yang baik, agar lembaga tersebut dapat
mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan digariskan. Begitu pula dengan SD
Negeri 1 Susukanagung sebagai lembaga kependidikan, maka SDN ini mempunyai
tatanan dan organisasi yang baik.
Adapun
susunan organisasi SD Negeri 1 Susukanagung dapat digambarkan sebagai berikut:
a. Kepala
sekolah
Kepala
sekolah dijabat oleh Oman Abdurakhman yang menggantikan Emong Suarman Al-Naser.
Kepala di SD Negeri 1 Susukanagung ini merupakan puncak pimpinan yang
bertanggung jawab adalah kelancaran Administrasi sekolah serta kebijakan kerja
berdasarkan musyawarah dan mufakat bersama. Adapun tugas kepala sekolah adalah
sebagai berikut:
1) Menyusun
program kerja sekolah
2) Menyusun
rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah
3) Mengevaluasi
program tahunan, program semester, dan satuan pengajaran secara
berkesinambungan
4) Melaksanakan
rapat/ diskusi mengenai permasalahan sekolah
5) Mengetahui
administrasi ketatausahaan
6) Mengatur
pembagian tugas guru
7) Mengevaluasi
pelaksanaan UAS/ UAN
8) Menetapkan
kelulusan dalam UAS/ UAN dan kenaikan kelas
b. Tenaga
Pengajar
Tenaga
pengajar yang bertugas di SD Negeri 1 Susukanagung berdasarkan statusnya
dikelompokan menjadi tiga, yaitu:
1) Tenaga
pengajar yang berstatus guru tetap dan pegawai negeri berjumlah 4 orang yang
terdiri dari 3 lulusan S1 dan 1 lulusan D2
2) Tenaga
pengajar yang berstatus sebagai guru tidak tetap atau honorer berjumlah 2 orang
yang keduanya merupakan lulusan S1
3) Karyawan
tetap berjumlah 1 orang yang merupakan lulusan SMA
c. Wali
Kelas dan Guru-Guru Bidang Studi
Guru
yang diberi tugas sebagai wali kelas, harus membimbing siswa dalam mewujudkan
disiplin serta membangkitkan gairah belajar guna meningkatkan prestasi siswa.
Adapun tugas dan kewajiban guru wali kelas di SD Negeri 1 Susukanagung adalah
sebagai berikut:
1) Umum
a) Mengenal
keadaan kelasnya, mengetahui jumlah serta jumlah semua siswa di kelas yang
menjadi tanggung jawabnya
b) Memberikan
stimulasi kepada siswa untuk belajar sungguh-sungguh baik didalam maupun diluar
kelas
c) Memantapkan
siswa kelasnya dalam hal melaksanakan tata tertib, tata karma dan
kebijakan-kebijakan sekolah
d) Membingbing
siswa dalam hal penyelenggaraan segala kegiatan, misalnya peran serta dalam
PORKLAS, memilih KM, dsb.
2) Khusus
a) Hadir
setiap hari pada pembinaan siswa dikelas binaannya masing-masing
b) Memantau
kegiatan kelas pada setiap hari
c) Bertanggung
jawab terhadap kondisi keamanan dan ketertiban kelas binaannya
Adapun
tugas dari guru bidang studi adalah memberikan pengarahan dan pengajar bagi
para siswa selain itu juga bertugas untuk membuat soal ujian.
C. Strategi Sekolah
1. Meningkatkan
kelulusan minimal 90%
2. Meningkatkan
etos kerja pegawai sebagai rasa tanggung jawab terhadap Tuhan dan negeri
3. Meningkatkan
kebersihan dan keindahan serta kesehatan sekolah
KESIMPULAN
SD Negeri 1
Susukanagung yang berdiri tahun 1952 berada di wilayah Jl. HM. Hasan
Yoesoef no. 11 Kecamatan Susukanagung
Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.
SD Negeri 1
Susukanagung merupakan salah satu
sekolah yang predikatnya terakreditasi “A” (amat baik) dengan SK nomor NSS/
NIS/ NSM: 1010/ 2170/ 5012, dengan jumlah siswa saat ini 142 siswa yang terdiri
dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.
Dengan
Visi “Membentuk manusia yang beriman dan takwa kepada Tuhan YME berbudi luhur,
serta terampil, berpengetahuan sebagai dasar untuk terwujudnya SDM yang
berpotensi” dan misi “siap melaksanakan KBM sebagai implementasi konsep
pendidikan berbasis kompetensi (KBK) siap melaksanakan konsep managemen
berbasis sekolah (MBS)” diharpakan cita-cita untuk menyiapkan peserta didik
agar memiliki kemandirian, kemampuan untuk berkreasi dan juga wawasan yang luas
dapat terwujudkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar