PENGEMBANGAN
BAKAT DAN KREATIVITAS
ANAK
USIA SMP DAN SMA
MAKALAH
Dibuat
untuk Memenuhi Tugas Terstruktur
Dosen
Pembimbing : Halim Purnomo, M.Pd.
Disusun
Oleh:
Pandu
Aria Nugraha
Ratna
Fatikhatussyifa
Riska
Nur’Akhidah Sari
PROGRAM
STUDI BIMBINGAN
KONSELING
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NAHDLATUL ULAMA CIREBON
2011
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT , karena atas rahmat dan
Inayah-Nya makalah Dasar-Dasar Pemahaman Anak Berbakat ini dapat kami
selesaikan dengan baik dan tepat pada
waktunya. Adapun judul dari makalah Dasar-dasar Pemahaman Anak Berbakat ini
adalah “Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Usia SMP dan SMA”.
Tujuan
dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar-dasar
Pemahaman Anak Berbakat, serta untuk menambah ilmu pengetahuan mengenai bakat
dan kreativitas yang dimiliki anak usia SMP dan SMA.
Dalam penyusunan makalah ini kami
merasa masih banyak kekurangan baik pada teknik penulisan maupun materi. Oleh
karena itu kami mengharapkan kritik & saran yang bersifat membangun demi
kesempurnaan makalah ini.
Akhir
kata semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kita maupun masyarakat.
Cirebon,
Desember 2011
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI .......................................................................................................... iii
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .................................................................................... 1
B Perumusan Masalah ............................................................................. 1
C. Tujuan Penulisan................................................................................... 2
D. Manfaat ............................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Transportasi ....................................................................... 3
B. Penjelasan Macam-macam Transportasi ............................................... 5
1. Transportasi Darat ............................................................................ 5
2. Transportasi Laut ............................................................................. 6
3. Transportasi Udara ........................................................................... 8
C. Dampak ................................................................................................ 9
.... 1. Dampak Positif ................................................................................ 9
.... 2. Dampak Negatif .............................................................................. 10
BAB III KESIMPULAN
..................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ v
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Generasi muda merupakan salah satu elemen utama
penerus dan regenerasi bangsa. Masamuda adalah proses peralihan masa
kanak-kanak menuju masa dewasa, atau dikenal juga dengan masa-masa SMP dan SMA.
Masa ini merupakan masa yang paling menentukan
perkembangan manusia di bidang emosional, moral, spiritual, dan fisik.
Masa-masa ini dipenuhi dengan perkembangan dan perubahan, masa goncang dan
penuh dengan pemberontakan. Tak jarang pada masa ini banyak ditemui kaum muda
kehilangan pegangan dalam usaha menemukan dirinya. sesorang yang tengah memasuki
tahap remaja memiliki karakteristik mental yang tengah labil. Dapat dikatakan
seseorang tersebut sedang memasuki tahap yang dinamakan transisi.
Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun
yang berada pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), adalah usia dimana
seorang individu yang berada dalam masa atau tahap peralihan. Dalam usia SMP
dan SMA pula kaum muda membutuhkan pendampingan yang intensif dari oranglain
yang lebih dewasa dalam usaha menemukan jati dirinya dalam arti mengetahui
kebutuhan-kebutuhan pribadi serta tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya. Maka
pengembangan bakat dan minat remaja sangat penting. Dan dalam mengembangkan
kopetensinya remaja tetap membutuhkan bimbingan dari orang tua dan lingkungan
rumah maupun sekolah.
Karena dalam masa ini pula individu mulai
berinteraksi dengan individu lainnya, baik dengan yang sejenis maupun dengan
lawan jenisnya. Lebih-lebih seorang pribadi individu yang tinggal didaerah
perkotaan. Mereka begitu dekat dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu
mereka membutuhkan perhatian dan pendampingan yang baik dan serius.
B. Rumusan
Masalah
1. Apakah
bakat dan kreativitas itu?
2. Apa sajakah
yang dilakukan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas anak usia SMP dan SMA
/ remaja?
3. Siapa
sajakah yang berperan dalam pengawasan pengembangan kreativitas tersebut?
C. Tujuan
Penulisan
1. Untuk
menjelaskan pengertia kreativitas.
2. Untuk
menjelaskan tentang pengembangan bakat dan kreativitas anak usia SMP dan SMA /
remaja.
3. Untuk
menjelaskan peranan dan hubungan remaja dengan sekitarnya.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Kreativitas
Kreativitas adalah proses merasakan dan mengamati
adanya masalah, membuat dugaan tentang kekurangan, menilai dan menguji dugaan
atau hipotesis, kemudian mengubahnya dan mengujinya lagi sampai pada akhirnya
menyampaikan hasilnya. Dengan adanya kreativitas yang diimpelmentasikan dalam
sistem pembelajaran, peserta didik nantinya diharapkan dapat menemukan ide-ide
yang berbeda dalam memecahkan masalah yang dihadapi sehinggaide-ide kaya yang
progresif dan divergen pada nantinya dapat bersaing dalam kompetisi global yang
selalu berubah.
Kreatifitas
membutuhkan adanya dorongan dari dalam individu (motivasi intristik) maupun
dorongan dari ingkungan (motivasi ekstrinsik).
1. Motivasi
untuk Kreativitas
Dorongan ada pada setiap individu dan bersifat
universal ada dalam diri individu itu sendiri namun membutuhkan kondisi yang
tepat untuk diekspresikan.
2. Kondisi
Ekstrenal yang Mendorong Perilaku Kreatif
Menurut Rogers, “penciptaan kondisi keamanan
psikologis dan kebebasan psikologis memungkinkan timbulnya kreativitas yang
konstruktif”.
B. Mengembangkan
Bakat dan Kreativitas Anak Remaja
Dalam mengembangkan kreativitas ada beberapa hal
yang harus diperhatikan. Antara lain:
1. Menghargai
eksistensi remaja
2. Eksistensi
siswa dalam kehidupannya
3.
Pada pembelajaran tingkat SMP dan SMA siswa lebih
membutuhkan pembelajaran pendidikan Akademik tetapi tidak meninggalkan pada
pendidikan karakter itu sendiri. Dalam hal ini guru dapat mengajarkan kepada
siswa pembelajaran komprehensif yaitu mengenai pengembangan keterampilan hidup.
Ada beberapa keterampilan yang diperlukan supaya peserta didik dapat
mengamalkan nilai-nilai yang dianut sehingga berprilaku konstruktif dan
bermoral dalam masyarakat, keterampilan, tersebut antara lain berpikir kritis,
berkomunikasi secara jelas, menyimak,bertindak asertif, dan menemukan resolusi
konflik dapat disebutkan secara ringkas sebagai keterampilan akademik dan
keterampilan sosial.
Amabile mengemukakan bahwa, “Keberhasilan dalam
perwujudan kreativitas ditentukan oleh tiga faktor yang saling terkait, dan
titik pertemuan antara ketiga faktor inilah yang menentukan keunggulan kreatif,
yaitu keterampilan dalam bidang tertentu, keterampilan berpikir, dan bekerja kreatif,
dan motivasi intrinsic”.
Penelitian Dacey (1989) membandingkan karakteristik
keluarga yang anak remajanya sangat kreatif, dengan keluarga yang anak
remajanya biasa saja. Hasil penelitian ini menunjukan peran besar dari
lingkungan keluarga; dalam keluarga dengan remaja kreatif, tidak banyak aturan
diberlakukan dalam keluarga dibandingkan keluarga yang biasa. Banyak diantara
remaja yang kreatif pernah mengalami masa kritis atau trauma dalam hidup
mereka. Orang tua mengukur tanda-tanda kekreatifan anak sudah pada usia dini,
dan mereka mendorong dan member banyak kesempatan untuk mengembangkan bakat
anak. Banyak dari orangtua keluarga kreatif mempunyai hobi yang dikembangkan
disamping karier mereka. Orangtua dan anak dari keluarga kreatif sama-sama
berpendapat bahwa pernah sekolah tidak penting dalam pengembangan kreativitas
anak. Tetapi remaja kreatif cenderung untuk bekerja lebih keras daripada teman
sekolah mereka. Agaknya dominasi dari belahan otak kanan (yang diasumsikan
dengan fungsi kreatif) lebih kuat pada kelompok remaja yang kreatif.
Pada dasarnya penyesuaian diri memiliki dua aspek
yaitu: penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial. Untuk lebih jelasnya kedua
aspek tersebut akan diuraikan sebagai berikut:
1. Penyesuaian
Pribadi
Penyesuaian pribadi adalah kemampuan individu untuk
menerima dirinya sendiri sehingga tercapai hubungan yang harmonis antara
dirinya dengan lingkungan sekitarnya. Ia menyadari siapa dirinya sebenarmya,
apa kelebihan dan kekurangannya dan mampu bertindak obyektif sesuai dengan
kondisi dirinya sendiri. Keberhasilan penyesuaian pribadi ditandai dengan tidak
adanya rasa benci, lari dari kenyataan atau tanggungjawab, dongkol, kecewa,
atau tidak percaya pada kondisi dirinya. Kehidupan kejiwaannya ditandai dengan
tidak adanya kegoncangan atau kecemasan yang menyertai rasa bersalah, rasa
cemas, rasa tidak puas, rasa kurang dan keluhan terhadap nasib yang dialaminya.
2. Penyesuaian
Sosial
Setiap individu di dalam masyarakat. Di dalam
masyarakat tersebut terdapat proses saling mempengaruhi satu sama lai silih
berganti. Dari proses tersebut timbul sebuah proses kebudayaan dan tingkah laku
sesuai dengan sejumlah aturan , hukum, adat dan nilai-nilai yang mereka patuhi,
demi untuk mencapai penyelesaian bagi persoalan-persoalan hidup sehari-hari.
Dalam bidang ilmu psikologi sosial, proses ini dikenal dengan proses
penyesuaian sosial.
Dalam
pengembangan bakat dan kreativitas haruslah bertolak dari karakteristik
keberbakatan dan juga kreativitas yang perlu di optimalkan pada peserta didik
yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
Motivasi
internal ditumbuhkan dengan memperhatikan bakat dan kreativitas individu serta
menciptakan ikli yang menjamin kebebasan psikologis untuk kreatif peserta didik
dilingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
DAFTAR
PUSTAKA
Akhmad, F. 2009. Pengembangan
Kretivitas Anak dan Remaja. Tersedia: http://www.google.co.id/gwt/x?q=makalah+pengembangan+bakat+dan+kreativitas+remaja&ei=QzD9TvD0PJSBrQev1gE&ved=)CAkQFjAC&hl=id&source=m&rd=1&u=http://garudapendidikan.blogspot.com/2010/01/pengembangan-kreativitas-anak-dan.html
[Senin, 4 Januari 2010]
jasa seo
BalasHapusjasa seo indonesia
jasa seo terpercaya
seo indonesia
jasa seo web judi
jasa buat website
jasa pembuatan website
situs poker
agen poker terbaik
agen poker terpercaya
poker uang asli
situs bandarq
situs dominobet qq
sabung ayam
adu ayam
ngadu ayam
laga ayam
permainan adu ayam
ayam petarung
ayam sabung
ngadu ayam jago
adu ayam online
taruhan ayam
sabung ayam terbaik
judi online ayam
ayam sabung online
judi adu ayam
situs sabung online
judi sabung online
permainan laga ayam
sabung online
sbobet
agen sbo
agen sbobet
agen sbobet terbaik
agen sbobet terpercaya
sbobet asia
ibcbet
agen ibcbet
agen ibcbet terbaik
agen ibcbet terpercaya
ibcbet online
sbobet online
LK21
Agen togel
BalasHapusjudi togel
bandar togel online
bandar togel
togel singapura
togel online
bandar judi togel
agen togel online
judi togel online
togel sydney
togel hongkong
Agen togel
judi togel
bandar togel
bandar togel online
togel singapura
togel online
bandar judi togel
agen togel online
judi togel online
togel sydney
togel hongkong
This discussion unexpectedly takes my attention to join scr888 casino download malaysia inside. Well, after I read all of them, it gives me new idea for my blog. thanks
BalasHapusGreat ....You have beautifully 918kiss company malaysia presented your thought in this blog post. I admire the time and effort you put into your blog and detailed information you offer.
BalasHapusGreat ....You have beautifully presented your thought in this scr888 apk free download blog post. I admire the time and effort you put into your blog and detailed information you offer.
BalasHapusHello, U write some extraordinarily attractive blogs. I always check back here frequently keto rapid slim reviews to see if you have updated
BalasHapusGreat blog, keeping me from working. All the Best
Good information 918kiss apk download and great post. I like the website, and am sure to 918kiss download 2019 keep returning.
BalasHapusyour site 918kiss download android layout is very good
You got a really useful blog I have been here reading for joker123 login pc
BalasHapusabout half an hour. I am a newbie and your post is valuable for me.
I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.
BalasHapushttps://www.plurk.com/p/nlewol
Ultra Fast Keto Boost you could usually devour them while you wake up at breakfast as opposed to breads, espresso, cold cuts, jellies, toast, and so on.
BalasHapushandiest with this habit of changing a meal can you've got fine outcomes.
Tip 6 - nutrients Chart
in case you aren't in the habit of observing the energy,
https://purefitketodietplan.com/ultra-fast-keto-boost/
Lipofit Diet is available through e-commerce, at the link:. Go ketogenic By clicking on the link and filling in your details.
BalasHapushttps://goketoganic.com/
ADFSGDH casinogang
BalasHapus