Jumat, 30 Maret 2012

Proses Perkembangan Janin dalam Rahim


PROSES PERKEMBANGAN JANIN         

Menurut ilmu kedokteran terdapat 3 fase atau trimester dalam pertumbuhan fisik janin, yaitu:
1.    Trimester Pertama (0 – 12 Minggu)
Dalam fase ini ada tiga periode penting pertumbuhan mulai dari periode germinal sampai periode terbentuknya fetus.
  1. Periode Germinal (0 – 2 Minggu)
Pada periode inilah terjadi proses pembuahan telur oleh sperma yang terjadi pada minggu ke-2 dari hari pertama menstruasi terakhir. Telur yang sudah dibuahi sperma akan bergerak dari tuba fallopi dan menempel ke dinding uterus (endometrium)
w02

  1. Periode Embrio (3 – 8 Minggu)
hamil_6mgProses sistem syaraf pusat, organ-organ utama dan struktur anatomi mulai terbentuk. Seperti mata, mulut, lidah, dan lain-lainnya. Sedangkan hati mulai memproduksi sel darah. Pada periode ini janin mulai berubah dari blastosis menjadi embrio berukuran sekitar  1,3 cm dengan kepala yang besar.






  1. Periode Fetus (9 – 12 Minggu)
Periode dimana semua organ penting terus bertumbuh dengan cepat dan saling berkaitan dengan aktivitas otak yang tinggi.
Isi-Perut-Saat-Hamil-300x279
2.    Trimester kedua (12 – 24 Minggu)
Pada trimester kedua, dengan usia janin sekitar 10 sampai 22 minggu terjadi peningkatan perkembangan janin. Pada minggu ke-18 dengan melakukan pemeriksaan ultrasongrafi atau USG kita dapat mengetahui keadaan janin dalam kandungan selain itu untuk mengecek kesempurnaan janin tersebut yaitu posisi plasenta dan kemungkinan bayi kembar. Jaringan kuku, kulit dan rambut berkembang dan mengeras pada minggu ke 20 – 21, indera penglihatan dan pendengaran janin mulai berfungsi, kelopak mata sudah dapat membuka dan menutup. Janin (fetus) mulai tampak sebagai sosok manusia dengan panjang sekitar 30 cm.
23_weeks,24_week_fetus
 












3.    Trimester Ketiga (24 – 40 Minggu)
Dalam trimester ini, dengan usia janin sekitar 22 sampai 38 minggu semua organ tubuh tumbuh dengan sempurna. Janin menunjukan aktivitas motorik yang terkordinasi seperti menendang atau menonjok serta dia sudah memiliki periode tidur dan bangun Masa tidurnya lebih lama dibandingkan dengan masa bangun. Pada fase ini paru-paru mulai berkembang pesat menjadi sempurna.
Hamil-Tua-300x290http://1.bp.blogspot.com/_e5k3OrkhpyY/SryWTrAkpOI/AAAAAAAAAXU/SOHJAi-I2MI/s400/janin.jpgPada minggu ke 40 ini atau bulan ke-9, janin akan mengambil posisi kepala di bawah dan siap untuk dilahirkan. Berat bayi normal yang lahir sekitar 3 - 3,5 kg dengan panjang sekitar 50 cm




Tidak ada komentar:

Posting Komentar